Sabtu, 26 November 2011

Tugas 3 (Bahasa Indonesia 1)

Menulis Resensi

1. Data Publikasi
          a. Judul: Sleepovers – Pesta Menginap
          b. Penulis: Jacqueline Wilson
          c. Penerbit: PT. Gramedia Pustaka Utama
          d. Jumlah halaman: 128 halaman
          e. Cetakan: Pertama, 2 Juli 2003
          f. Tema: Anak-anak

2. Sinopsis
          Begitu banyak cerita anak-anak yang beredar di pasaran, Jacqueline Wilson sebagai penulis novel khusus bertema anak-anak menampilkan cerita yang ringan, dengan gaya tulisan yang mudah dimengerti oleh anak-anak, dan manfaat positif yang terkandung di dalam novel yang dapat di tiru oleh anak-anak setelah membacanya. Sleepovers bercerita tentang pertemanan 5 anak perempuan yang mengadakan suatu rutinitas yang disebut pesta menginap apabila salah satu dari mereka berulang tahun.
Kamu berulang tahun, tapi bingung cara merayakannya? Adakan pesta menginap saja! Pasti asyik!
          Daisy anak baru di sekolah. Semua temannya ramah dan baik hati, kecuali Chloe yang sok kaya, sok tahu, dan sok ngebos. Susah deh berteman dengan Chloe, tapi lebih gawat lagi kalau bermusuhan dengannya. Soalnya ia punya ribuan cara untuk membalas dendam.
          Ketika Chloe menantang teman-temannya untuk mengadakan pesta menginap, Daisy ingin sekali ikut serta. Tapi ia bingung… karena kalau ia mengadakan pesta menginap dirumahnya, teman-temannya akan bertemu dengan kakaknya. Dan kakaknya itu merupakan rahasia besar yang tak ingin diungkap Daisy!

3. Keunggulan
Novel ini ringan untuk dibaca dan tepat mengenai sasaran target yaitu anak-anak, gaya tulisan tidak terlalu berat, tulisan agak besar dan tidak rapat-rapat sehingga anak-anak tidak bosan membacanya. Pesan yang terkandung didalamnya mengajarkan anak-anak untuk tidak berlaku curang atau jahat terhadap sesama teman. Novel ini dilengkapi juga dengan ilustrasi yang sangat menarik sehingga anak-anak senang membacanya.

4. Kelemahan
          Aslinya novel ini berbahasa Inggris, versi terjemahan bahasa Indonesia nya menurut saya terlalu banyak kata serapan bahasa Inggris yang digunakan di dalam novel ini yang memungkinkan anak-anak tidak terlalu paham artinya.

5. Pendapat Akhir
          Secara keseluruhan, novel ini patut untuk dibaca karena novel ini mengandung pesan moral positif yang dapat ditiru oleh anak-anak, para orangtua sudah sepantasnya mengajarkan anak dengan hal-hal yang positif. Dengan membaca novel ini diharapkan anak-anak lebih lancar dan terbiasa membaca serta berperilaku baik dengan sesamanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar